Welcome to a blog

Rabu, 14 September 2016

Teknologi Hologram

                                                        TEKNOLOGI HOLOGRAM
               Teknologi hologram tak terlepas dari peran Denis Gaborfisikawan asal Hungaria yang lahir pada tahun 1900. Gabor memulai pendidikannya di bidang fisika saat berumur 15 tahun kemudian menjadi seorang ilmuan di Inggris. Gabor membuat sebuah penelitian yang kemudian menjadi pondasi holography modern. Gabor menemukan teknologi hologram secara tak sengaja ketika bekerja di perusahaan British Thomson Houston. Saat itu, Gabor sedang meneliti bagaimana memperbaiki mikroskop elektron. Gambar hologram statis tiga dimensi pertama kali diproduksi pada tahun 1960-an setelah sinar laser ditemukan. Hasil penelitian Gabor yang kreatif dan inovatif membuat dirinya menjadi salah satu penemu termuka di abad ke-20 dan meraih penghargaan Nobel di bidang Fisika pada tahun 1971.
1. Pengertian Hologram
          Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheran serta dalam bentuk mikroskopik. Hologram bertindak sebagai gudang informasi optik. Informasi-Informasi optik itu kemudian akan membentuk sebuah gambar, pemandangan, atau adegan. Hologram merupakan jelmaan dari gudang informasi (information storage) yang muthakir. Kelebihan hologram ialah kemampuan menyimpan informasi, yang didalamnya memuat objek-objek 3 dimensi (3D). Tidak hanya objek-objek yang biasa terdapat di foto atau gambar pada umumnya. Seperti yang ada pada skema pemandangan yang sebenarnya. hologram dari suatu objek yang tersebar dapat direkonstruksi dari bagian kecil hologram. Jika sebuah hologram pecah berkeping-keping, masing-masing bagian dapat digunakan untuk mereproduksi lagi keseluruhan gambar, resolusi, dan tingkat kecerahan dari gambar.
2. Jenis-Jenis Hologram
  •   Hologram segel yaitu hologram yang dapat rusak bila dicabut dari tempat menempel.
  •   Hologram label yaitu hologram yang tidak dapat rusak jika di lepas dari tempat menempelnya.
  •   Hologram 3D.
          Ilmuan dari universitas Arizona telah mengembangkan sebuah teknologi di mana suatu hari dapat digunakan untuk menyimpan data dalam jumlah besar dalam bentuk holografik. menurut salah satu ilmuan Nasser Peyghambarian, optik Hologram akan menawarkan aplikasi masa depan dalam pengobatan dan manufaktur serta dalam industri hiburan. Tim peneliti dari Universitas Arizona telah mengumumkan bahwa mereka berhasil mengembangkan gerakan tercepat hologram 3D.                   Nasser Peyghambarian  adalah salah satu ilmuan yang menemukan Teknologi 3D Hologram ini. Beliau mengatakan bahwa "Teknologi seperti komunikasi langsung dengan hologram tampaknya hanya ada di film dan kami para ilmuan mencoba untuk membawanya keluar dunia nyata, tapi sekarang kita telah menunjukkan bahwa kita menciptakan hologram yang dinamis ukuran dan resolusinya seperti dalam film, akan menjadi sebuah kenyataan," tambahnya. Bahkan dengan inspirasi baru yaitu "Hand Hologram Phone". Cara kerja teknologi ini adalah dengan menggunakan teknologi hologram yang diletakkan pada jari telunjuk telapak tangan kiri dan kanan. Layarpun akan tampil di telapak tangan kiri, dan untuk mengendalikannya kita hanya perlu untuk menyentuh tombol-tombol yang muncul ditelapak tangan tersebut. Hasilnya akan tampil pada layar transparan hologram yang dapat muncul dihadapan seseorang dalam ukuran 30cm dari tatapan pengguna.

"Click Here" to find more about holographic Technology.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar